Sabtu, 15 Juni 2013

Menggunakan Hape Di Jalan

Penggunaan HP di jalan sangat beresiko tidak hanya untuk anak remaja saja, tetapi juga untuk orang dewasa atau orang tua sekalipun.
Terkadang pula kita tidak menyadari bahwa bahaya sekali menggunakan HP di jalan saat mengemudi motor maupun mobil.
Tidak hanya di Indonesia saja menggunakan HP di jalan, di negara lainpun pasti juga ada yang menggunakan HP di jalan.
Penelitian yang dilakukan oleh GHSA (Governors Highway Safety Association), Amerika Serikat, menemukan bahwa menelpon atau ber-SMS pada saat mengemudi merupakan penyebab terbesar terjadinya kecelakaan di jalan.
Bahaya juga dari menggunakan HP di jalan membuat otak kita dipaksa untuk berkonsentrasi dengan 2 hal, yaitu saat mengemudikan motor atau mobil dan menggunakan HP saat kita mengemudi di jalan dan terkadangpun kita tidak menyadari bahwa konsentrasi kita akan terpecah saat mengemudi ketika kita menggunakan HP di jalan.



Ada beberapa yang saya temukan pernyataan tentang bahayanya menggunakan HP di jalan, antara lain :

  1. Menggunakan HP saat berkendaraan ternyata jauh lebih berbahaya daripada berkendaraan saat mabuk.
  2. Mengunakan HP di jalan saat mengendarai sangat beresiko kecelakaan di jalan raya.
  3. Berkendara sambil menelepon atau ber SMS bisa membuat otak bereaksi (meski masih remaja) seperti otak para manula yang berusia 70 tahun.
Ada pula undang-undang yang menyebutkan sebagai berikut :
Undang-Undang No. 22 tahun 2009 Tentang Lalu-Lintas Dan Angkutan Jalan Pada Pasal 283 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 menyebutkan:
“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).”
Jadi menurut saya, lebih baik jika kita hendak menggunakan HP di jalan berpikirlah lebih jauh, pikirkanlah juga untuk keselamatan diri kita sendiri dan juga jikalau ada yang menelepon atau sms lebih baik kita menepi dahulu jika hendak menggunakan HP, karna itu solusi yang lebih baik daripada kita menggunakan HP di jalan raya.

Terimakasih.
GBU.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Template by:

Free Blog Templates